Tahun Ini, DKI Bangun 20 Lokasi Pertanian Modern

No comments
Tahun Ini, DKI Bangun 20 Lokasi Pertanian Modern - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membangun sistem pertanian modern atau hidroponik di Rumah Susun Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Tempat pertanian itu akan dijadikan sebagai contoh dan akan dibangun di 20 lokasi lainnya di Jakarta.

Tahun Ini, DKI Bangun 20 Lokasi Pertanian Modern

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengklaim, pertanian modern di rumah susun Marunda itu merupakan green house yang pertama di Jakarta. Dari mulai menanam hingga panen dibutuhkan waktu sekitar 27 hari atau sekitar satu bulan. Tanaman yang ditanam di sana diutamakan sayur-sayuran untuk dijual di supermarket dan restoran.

"Ini percobaan tapi lumayan berhasil, hari minggu mau panen dan dijual," kata Jokowi, sapaan Joko Widodo di rusun Marunda, Jumat, 11 April 2014.

Untuk menggarap pertanian kota itu, butuh 10 orang petani kota. Para petani itu dilatih secara khusus untuk bisa bercocok tanam modern dengan teknologi dengan menggunakan green house dan hidroponik.

"Yang kelola kelompok tani, ini green house dan bibitnya kami beri bantuan. Tapi diajarinya oleh petani hidroponik, Dua bulan atau tiga bulan harus bisa, nanti pindah ke tempat yang lain," terangnya.

Jokowi menambahkan, untuk tahun ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membangun sebanyak 20 titik pertanian modern itu. Lokasinya akan diutamakan di rumah susun yang ada di Jakarta. Kemudian di beberapa kampung deret yang sebelumnya sudah dibangun.

Kata Jokowi, modal untuk membangun satu ruangan hidroponik atau pertanian modern itu dibutuhkan biaya Rp500 juta. Kemudian setiap kali panen bisa mendapatkan keuntungan Rp20-24 juta di mana setiap satu hidroponik itu digarap oleh 10 orang.

"Kalau dikelola bersepuluh berarti kira-kira Rp2,4 juta per orang. Tapi ini kan ada yang sudah punya kerjaan, ini bisa jadi sambilan juga sore atau pagi saja," terangnya.

No comments :

Post a Comment