Lapangan Kerja, Perbanyak Industri & Pertanian

No comments
Lapangan Kerja, Perbanyak Industri & Pertanian - Untuk menciptakan lapangan kerja, ekonom menyarankan kepada pemerintah untuk memperluas industri dan sektor pertanian.

Lapangan Kerja, Perbanyak Industri & Pertanian

Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Enny Sri Hartati mengatakan, perluasan industri dan pertanian sangat bermanfaat untuk menyerap tenaga kerja formal lebih bayak. "Ciptakan tenaga kerja sektor formal dengan memperbanyak industri dan pertanian. Itu yang harus menjadi fokus pemerintah ke depannya," ujar Enny di Jakarta, Sabtu (5/4/2014).

Enny mengatakan, bila pekerja formal telah banyak itu akan meningkatkan daya beli masyarakat. Tentu saja dengan daya beli masyarakat naik, akan mengerek kegiatan perekonomian sekitar.

Desakan memperluas industrialisasi dan pertanian secara gencar karena pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun lalu 5,7% dan hanya menciptakan tenaga kerja 1%. "Itu berarti enggak ngefek ke masyarakat yang mencari pekerjaan formal," kata Enny.

Denga demikian, kanjut Enny pemerintah hanya menggeser penggangguran terbuka ke pengangguran terselubung. Padahal, masyarakat menginginkan kerja secara formal. "Ini tidak ada indikator kesejahteraan riil. Seharusnya menciptakan kesempatan kerja sampai 40%," kata Enny.

Badan Pusat Statistik menyebutkan pada Februari 2013, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Sebesar 5,92 Persen pada 2013. Mengalami penurunan dibandingkan TPT Agustus 2012 sebesar 6,14 persen dan TPT Februari 2012 sebesar 6,32 persen.(Sumber : Inilah.com)

No comments :

Post a Comment