Dukung Pertanian Organik, Malang Bangun Minimarket Khusus

No comments
Program Pertanian Organik (Go Organic) yang  dicanangkan oleh Pemkot Batu, Jawa Timur, akan ditunjang keberadaan minimarket produk organik yang bakal dibangun di kawasan Sidomulyo yang dikenal sebagai sentra tanaman hias.
Dukung Pertanian Organik, Malang Bangun Minimarket Khusus

Priyanto, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Batu, mengatakan pendirian minimarket atau swalayan yang khusus menjual aneka produk pertanian organik di Batu harus segera direalisasikan.
“Pendirian minimarket organik tersebut akan sejalan dengan program Go Organic yang diusung Pemkot Batu. Selain itu akan menjadi nilai plus bagi sektor pariwisata di Batu,” kata Priyanto, Kamis (13/3/2014).
Dengan adanya minimarket produk organik tersebut akan membuat wisatawan yang datang ke Kota Batu memiliki banyak pilihan destinasi belanja selain apel dan tanaman hias.
Apalagi produk organik cocok untuk menyasar wisatawan maupun konsumen yang berasal dari golongan menengah ke atas. Selain itu dengan adanya minimarket tersebut petani organik di Kota Batu tidak perlu takut kehilangan pasar atau tempat untuk menampung produk pertanian organik miliknya.
“Ke depan keberadaan minimarket organik tersebut juga bisa dikolaborasikan dengan kalangan perhotelan. Sehingga jika ada tamu bisa diarahkan untuk datang maupun minimal bisa memenuhi kebutuhan sayur mayur organik para tamu,” jelas dia.
Suharto, Kepala Desa Sidomulyo Kota Batu, mengatakan minimarket  produk organik seperti sayur mayur dan buah buahan organik akan dibangun di wilayahnya.
Rencana membangun minimarket tersebut juga sudah disosialisasikan ke kelompok tani Gelora Bunga Desa Sidomulyo. 
Rencananya minimarket tersebut dibangun di atas lahan rest area milik desa Sidomulyo yang berada di Jalan Bukit Berbunga.
Dengan adanya minimarket organik diharapkan para petani organik di desa Sidomulyo tidak perlu bingung lagi dalam memasarkan hasil pertanian organik mereka karena bisa ditampung di minimarket tersebut.
 “Bahkan jika memungkinkan produk organik dari petani desa lain juga akan ditampung,” ujarnya.
Selain itu diharapkan pembangunan minimarket itu bisa direalisasikan tahun depan. Sidomulyo sendiri selama ini dikenal sebagai sentra wisata bunga hias tingkat nasional. Bunga yang menjadi unggulan antara lain krisan, mawar dan bunga pucuk merah.
Dengan berkembangnya pertanian organik di Malang, setidaknya juga ikut mendukung program kementerian pertanian dalam upaya meningkatkan kualitas pertanian Indonesia.

No comments :

Post a Comment